Minggu, 28 Januari 2018

Mengenal Film

Film adalah sebuah karya seni berupa rangkaian gambar yang diputar sehingga menghasilkan ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan dan memiliki kelengkapan dari beberapa unsur seni guna melengkapi kebutuhan yang bersifat spiritual. Film juga merupakan suatu media komunikasi untuk mengkomunikasikan tentang suatu realita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, film memiliki realitas yang kuat salah satunya menceritakan tentang realitas masyarakat. Film juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu dari film tersebut. Pembuatan film kini sudah menjadi sebuah industri besar yang cukup populer di seluruh dunia.

Film art adalah seni rupa media paling lengkap yang memiliki aliran seni selama berpuluh-puluh tahun dan diacuhkan oleh ilmu kesenian dan bahkan sulit bagi para pakar untuk membuat batasannya ini mampu menggabungkan berbagai macam bentuk seni menjadi satu.

Film dikelompokkan pada jenis film cerita, film berita, film dokumenter dan film kartun (Effendy, 2003:210). Berikut jenis-jenis film :
  1. Film cerita adalah suatu jenis film yang mengandung cerita yang lazim dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop yang diperankan oleh bintang-bintang tenar. 
  2. Film berita adalah sebuah film yang mengenai fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Karena sifatnya berita maka disajikan kepadaa publik harus mengandung berita.
  3. Film dokumenter adalah film yang meceritakan tentang fakta atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
  4. Film kartun menurut wikipedia adalah gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa.

Related Posts

Mengenal Film
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.